Kamis, 20 Agustus 2015



LINGKARAN PENGARUH

Bayangkan kita berada di pusat satu lingkaran dan kemudian di luar diri kita ada beberapa lapis lingkaran. Lingkaran yang terdekat dengan diri kita adalah Lingkaran Kendali (Circle of Control). Lingkaran berikutnya adalah Lingkaran Pengaruh (Circle of Influence) dan lingkaran terluar adalah Lingkaran Kepedulian (Circle of Concern).

Lingkaran Kendali
Adalah semua hal yang berada dalam kendali kita dan kita memiliki otoritas paling besar untuk mengubahnya. Diri kita berada dalam lingkaran ini.


Lingkaran Pengaruh
Adalah semua hal yang berada di luar diri kita namun masih mungkin kita pengaruhi. Anak, pasangan (konteks keluarga), siswa (konteks sekolah), anak buah (konteks pekerjaan), teman, tetangga, dll.

Lingkaran Kepedulian
Adalah semua hal yang berada di luar diri kita dan kita memiliki pengaruh serta otoritas yang minimal. Misalnya, sistem pemerintahan, politik, kemacetan, banjir, kemiskinan, ketidak-adilan, dll.

Di mana perhatian, waktu dan usaha yang lebih banyak kita habiskan?

Orang yang proaktif adalah orang yang menitikberatkan perhatian, waktu dan usahanya pada pusat lingkaran. Mereka percaya apabila mereka berubah, maka lingkaran berikutnya akan terpengaruh. Seperti batu yang di lempar ke tengah kolam, maka riaknya akan sampai ke pinggir kolam.

Orang yang reaktif dan banyak mengeluh, menghabiskan perhatian, waktu dan usahanya pada lingkaran terluar. Menuntut lingkungan dan orang lain berubah. Menggantungkan nasib pada keadaan. Mengira bahwa mengeluh akan mengubah keadaan.

Saya kira pilihan predikat yang tepat adalah,
Kita MENGUBAH diri.
Kita MEMPENGARUHI keluarga.
Kita MENGINSPIRASI lingkungan.

Karena tokh, ketika kita sibuk membicarakan lingkungan atau hal-hal di luar diri kita, maka komen dan pertanyaan yang diajukan pada si pembicara adalah 'Apa yang sudah anda lakukan?'

Oleh karena itu menurut saya adalah jauh lebih baik bila kita melakukan tindakan dari lingkaran terdalam terlebih dahulu sebelum bergerak ke luar. Seperti saran pramugari di pesawat, "Pakailah masker anda terlebih dahulu sebelum anda memakaikan masker pada anak atau orang lain"

Gambar diambil dari http://www.athleteassessments.com/control-and-influence-mo…/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...