Rabu, 19 Agustus 2015


5 CARA MEMBUAT ANAK CINTA SHALAT
(Ringkasan dari artikel di simpletips4mom.com)

Kita perlu berusaha lebih besar untuk mendorong anak-anak kita shalat secara konsisten ketika mereka mulai menginjak usia 7 tahun. Pada usia ini mereka belum dewasa, tetapi kita menyadari bahwa pada usia ini kita perlu lebih serius dan mendorong anak-anak kita mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik. Dan salah satu kebiasaan baik itu adalah shalat 5 waktu. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk mendorong anak mengembangkan kebiasaan baik.

1. Jadikan shalat sebagai hal prioritas bagi diri kita sendiri.
Memori di masa lalu terkait shalat, misalnya melihat orangtua shalat dengan khusyuk dan istiqomah dapat menjadi penguat yang membuat anak menjadikan shalat sebagai hal penting dan prioritas bagi mereka.

Oleh karena itu di manapun anda berada, apakah di luar rumah atau saat melakukan suatu kegiatan, ketika datang waktunya shalat, maka lakukan shalat dan biarkan anak kita melihatnya. Fokuslah pada diri anda sendiri. Bersegera untuk shalat dan katakan dengan keras pada diri sendiri, “Subhanallah, saya harus segera shalat, Allah sedang menunggu”

Pesan apa yang anda sampaikan melalui tindakan tersebut?
Anda memperlihatkan keinginan untuk menyenangkan Allah SWT. Keinginan untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, keinginan kuat untuk menunaikan kewajiban dan komitmen untuk berhubungan dengan Sang Pencipta. Keinginan kita untuk menghentikan apa yang sedang kita lakukan dan mendahulukan shalat adalah adalah hal krusial, terutama ketika ada sepasang mata kecil yang sedang mengamati kita.

2. Bergembiralah dan tunjukkan kehangatan saat mengajak anak shalat
Saat subuh, sisihkan waktu untuk berdoa dan membaca Qur’an dengan perlahan untuk menenangkan hati kita. Setelah kita merasa nyaman, bangunkan anak-anak kita dengan baik, tanpa berteriak atau memaksa. Misalnya, dengan duduk di pinggir tempat tidur sambil membacakan surat yang kita sukai. Atau dengan berdzikir sambil menggendong anak kita yang mengantuk, hingga benar-benar terbangun.

3. Gambarkan keindahan shalat
Anak-anak senang mendengarkan cerita. Kita dapat menggunakan cerita untuk mengajarkan hal-hal penting. Hal ini akan tertanam dan berarti dalam hidup anak. Hindari menghubungkan shalat dengan hukuman ketika memperkenalkannya pada anak-anak. Gambarkan betapa cinta Allah begitu besar kepada mereka. Mulailah dengan menerangkan pada anak apa artinya shalat. Misalnya, sampaikan pada anak bahwa dengan shalat maka kita memiliki waktu pribadi untuk “berbicara” pada Allah menceritakan perasaan, masalah dan bahkan kebahagiaan kita. Apa yang kita butuhkan, mimpi-mimpi dan juga harapan kita. Dan bahwa dengan menyampaikan ini semua, kita menjadi merasa lebih baik, merasa dicintai karena Allah mencintai kita melebihi cinta ibu kita. Dorong anak untuk shalat di mana pun mereka berada, sedang melakukan apapun. Karena Allah akan sangat mencintai dan menunggu janji pribadi untuk bertemu dengan-Nya.

Tujuan kita
- Kita ingin anak mengembangkan kebiasaan shalat
- Kita ingin anak kita senang “berkomunikasi” dengan Allah
- Kita ingin anak kita memiliki dorongan keinginan untuk shalat
- Kita ingin anak memahami bahwa shalat adalah kewajiban dan bukan pilihan (boleh ya atau tidak dilakukan)

Tantangan kita
- Beberapa di antara kita pernah meninggalkan shalat dan kita tidak ingin anak kita mengalami hal tersebut.
- Kita tidak ingin anak membenci shalat atau mengaitkan shalat dengan hal yang negatif.
- Kita tidak ingin anak kita berbohong, mengatakan sudah shalat padahal sebetulnya tidak melakukan.

Pikirkan tentang diri kita sendiri dan masa-masa di mana kita mengalami pasang-surut saat shalat, dan jujurlah pada diri kita sendiri. Dalam 1 tahun, apakah kita selalu tepat waktu dan khusyuk pada setiap shalat kita? Oleh karena itu bagaimana mungkin kita mengharapkan kesempurnaan pada anak-anak kita sementara kita sendiri tidak sempurna? Marilah kita fokus pada hal yang penting, yaitu, meningkat secara perlahan namun pasti. Konsisten sepanjang hidup.

4. Lemah lembut dan bersabarlah ketika shalat
Memang ada hukum dan kewajiban shalat yang perlu kita patuhi dan ikuti. Kita juga tahu kebiasaan membutuhkan waktu/proses untuk terbentuk. Mengajarkan anak shalat sejak dini adalah gagasan yang baik. Cara yang paling tepat untuk menerapkan hukum adalah dengan keras pada diri sendiri namun sabar dan mudah memaafkan pada orang-orang di sekitar kita.

Ketika datang waktu shalat
- Ingatkan anak dengan cara yang menyenangkan
- Tanyalah anak laki-laki kita, apakah bersedia beradzan atau memanggil setiap orang shalat.
- Dorong anak untuk shalat berjamaah dan memperoleh hadiah
- Shalatlah di depan anak-anak, terlepas apakah anak mengikuti atau pun tidak. Ini bukan dengan maksud pamer akan tetapi untuk mengingatkan dengan lembut.
- Lakukan saja.

5. Ketika anak kita shalat, puji dan berdoalah untuknya dengan suara keras.
Ciuman atau pelukan pada anak adalah cara lain yang bagus untuk menunjukkan rasa cinta kita dan persetujuan terhadap mereka. Cara ini lebih baik daripada mengingatkan anak terus menerus dan menilai kesalahan dalam shalat anak. Karena memaksa dan fokus pada kesalahan anak ternyata lebih banyak menyakiti anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...