Rabu, 19 Agustus 2015



LIMA KECERDASAN PENUNJANG KESUKSESAN

Untuk mencapai kesuksesan, dibutuhkan 5 kecerdasan, (urutan tidak menunjukkan prioritas)
1. Intelligent Quotient (IQ)
Kecerdasan intelektual terkait kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Mencakup kemampuan analisis, sintesis, bahasa, logika, dll.


2. Emotional Quotient (EQ)
Istilah ini dipopulerkan oleh Daniel Goleman. Meliputi tentang kemampuan empati, belas kasih, motivasi, ekspresi emosi dan kemampuan berespon terhadap situasi sosial.
EQ terbagi menjadi dua, yaitu
- Intrapersonal intelligence, mencakup pemahaman diri (self knowledgment) dan bagaimana diri memenuhi kebutuhannya (self fulfillment)
- Interpersonal intelligence, kemampuan untuk memahami orang lain/pribadi yang berbeda dan bagaimana beresponnya dengan tepat. Termasuk di dalamnya kemampuan berempati, berkomunikasi, dll.

3. Spiritual Quotient (SQ)
Dipopulerkan oleh Tony Buzan, Kecerdasan ini membuat kita mampu melihat diri kita sebagai bagian dari "Grand Design." Tidak langsung terkait ajaran agama, meskipun seringkali orang yang taat pada ajaran agamanya, memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi.

Orang-orang ini bergerak atas dasar value pribadi yang terkait dengan orang-orang di sekitarnya. Dorongan atau motivasi utamanya bukan karena dirinya sendiri melainkan hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Inilah hal yang membuat mereka menjadi pribadi yang mampu menghargai dan menghormati kemanusiaan, berempati dan memiliki visi jangka panjang dan luas.

4. Adversity Quotient (AQ)/Intelegensi Ketahanan
Seringkali disebut sebagai Intelegensi survival. Ketika mengalami kegagalan dan kemudian terpacu untuk bangkit lagi dan berjuang meraih keberhasilan, itulah yang dilakukan intelegensi ketahanan.

Paul Scoltz mengatakan bahwa keberhasilan seseorang dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi banyak ditentukan kecerdasan ini. Sekalipun kecerdasan intelektual tinggi, namun apabila kecerdasan ketahanan rendah maka seringkali pencapaiannya tidak optimal. Karena mudah putus asa setelah kegagalan.

Terkait kecerdasan ini Scoltz membagi 3 jenis karakter pribadi:
- Pecundang, mereka meninggalkan aspirasi mereka karena sulit
- Petualang, mereka lelah dan mencari tempat nyaman untuk berlindung dari tantangan dan hambatan
- Pendaki, mereka pantang menyerah dan menyongsong tantangan

5. Financial Quotient (FQ)
Kecerdasan finansial ialah yang membuat seseorang mampu mengelola dan membuat uang bekerja untuk mereka. FQ mencakup antara lain;
- Memilih karier yang sesuai dengan minat dan bakat
- Melawan kemalasan dan meneruskan momentum performa
- Melihat kesempatan untuk mendapatkan kekayaan
- Membuat pilihan sehingga memperoleh penghasilan yang berulang di masa depan (future recurrent income)
- Mempraktikkan disiplin. Apa yang anda tanam itu yang anda tuai
- Memiliki keinginan untuk belajar.

*dari buku: Pensiun Gaul, Tessie Setiabudi dan Joshua Maruta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...