Kamis, 20 Agustus 2015



CARA PANDANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI DAN TINDAKAN - 5
(Orang lain sebagai teman atau orang yang sederajat)

Pada akhirnya kita menyadari bahwa kita adalah makhluk Tuhan. Sama seperti manusia lainnya. Pada titik itu kita menjadi sederajat. Kita sakit apabila disakiti dan kita senang apabila merasakan kebahagiaan. Dan demikian pula orang lain. Kita punya kelebihan sekaligus kekurangan orang lain pun demikian, sekalipun pada area yang berbeda dan kadar yang berbeda pula. Kita sesungguhnya tak pernah tahu apakah diri kita lebih baik atau lebih buruk dari orang lain. Selain karena kita tak punya kemampuan memadai untuk menilai, kita juga tak pernah bisa menduga masa depan. Yang baik saat ini bisa buruk dan celaka di masa depan. Yang buruk dan bodoh saat ini bisa bagus dan pintar di masa depan. Anak kecil saat ini akan menjadi dewasa di masa depan.


Ketika kita berbicara dengan teman, kita bisa bebas mencurahkan pikiran dan perasaan. Tidak kuatir dicela. Apa yang disampaikan oleh teman pun kita bisa terima dengan nyaman. Kita berprasangka baik dengan apapun yang disampaikannya sekalipun itu tidak enak.

Ada kepercayaan yang diberikan, Yang membuat kita memaafkan ketika ia melakukan kesalahan. Ada kenyamanan yang dirasakan. Tak ada rasa takut akan celaan. Tidak ada rasa sombong dan keinginan untuk membanggakan diri karena tahu teman kita memiliki kemampuannya sendiri. Dan ada keinginan untuk membantu saat ia membutuhkan.

Apakah kita menganggap anak/pasangan kita seperti seorang teman? Kita nyaman berbicara dengan mereka. Kita mau mendengarkan mereka curhat. Percaya bahwa mereka punya kemampuan sehingga mau memberi kesempatan untuk melakukan suatu pekerjaan. Mengizinkan mereka untuk berbuat kesalahan. Dan nyaman duduk bersama mereka. Tatapan mata kita sejajar. Dan kita tersenyum dengan tulus. Kita bisa duduk bersama berdampingan tanpa merasa canggung dan jengah.

Hidup terasa lebih nyaman, karena kita memberikan kepercayaan pada orang lain dan juga merasa dipercaya. Kita membuka diri dan membuat orang lain merasa nyaman untuk berbicara dengan diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...