Rabu, 19 Agustus 2015

#3 PARADOKS TEKNOLOGI YANG MENGUBAH PERILAKU ...
(Multitasking, Minimal Fokus, Abai Stimulus Sosial)

Coba perhatikan tampilan layar laptop, smartphone ataupun TV, berapa banyak stimulus yang ada di situ? Sambil menonton TV, ada running text yang berjalan di bawah. Sambil membuka email, jendela FB juga terbuka.


Sekarang perhatikan perilaku kita. Sambil ngobrol kita juga membalas sms atau chatting grup BB, WA, Line, dll. Kita berperilaku seperti mereka yang tidak bisa fokus penuh dalam jangka waktu panjang. Kita mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Memberikan perhatian minimal pada relasi sosial namun perhatian lebih besar pada relasi maya di media sosial. Dan kemudian kita menyalahkan anak-anak kita yang sulit fokus/konsentrasi dalam jangka panjang karena ADD (Attention Deficit Disorder) baik yang inattention maupun yang hyperactive.

Sambil mengetik laporan kita mendengarkan lagu via MP3, Kita menggoyangkan kepala mendengar musik yang hanya kita sendiri mendengarnya. Kemudian kita menyesali anak-anak kita yang ditengarai menyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) yang memberikan fokus sangat kuat dan lama pada satu hal, dan mengabaikan stimulus sosial di sekelilingnya.

Anak-anak kita memang perlu dibimbing, namun kita (para orangtua dan guru-lah) yang perlu terlebih dahulu memahami, berempati dan kemudian mencari cara atau strategi yang lebih sesuai untuk belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...