Kamis, 20 Agustus 2015



INTEGRITY VERSUS DESPAIR
(Konteks Menyikap Masa Pensiun)

Pada usia 40 hingga sekitar 60 tahun, maka biasanya orang mengalami pencapaian dalam aktivitasnya. Karir bagi laki-laki dan perempuan bekerja dan mengasuh serta mendidik anak bagi ibu rumah tangga.


Bagi mereka yang bekerja, maka mereka masuk ke dalam masa persiapan pensiun. Pada saat itu mereka akan menghadapi banyak tuntutan perubahan. Baik itu dalam hal ragam aktivitas maupun relasi sosial. Bagi beberapa orang yang masih memiliki anak yang perlu dibiayai sekolahnya, maka hal ini kadang membuat cemas. Karena di satu sisi masih ada tuntutan untuk memiliki pendapatan yang memadai, bahkan lebih tinggi. Di sisi lain, sumber pemasukan terancam berkurang.

Situasi ini yang kerap menimbulkan tense atau ketegangan yang lebih tinggi yang juga bisa menyerang kesehatan. Ketegangan juga bisa disebabkan oleh kesadaran pada masalah-masalah yang sebelumnya tidak disadari keberadaannya karena perhatian yang lebih terfokus pada aktivitas lain.

Keluhan mengenai, anak yang ternyata sulit dikendalikan, pasangan yang "mengecewakan", kecemasan harus menurunkan standar gaya hidup sebelumnya, kecemasan mengenai berkurangnya pemasukan yang akan berimbas pada kelangsungan hidup, dan kecemasan karena menurunnya kondisi fisik dll. adalah hal yang kerap muncul pada masa ini.

Mereka yang memiliki fondasi kuat dalam hal mental hanya perlu waktu sebentar saja untuk beradaptasi dengan situasi ini. Sementara mereka yang hidupnya kurang seimbang, terlalu fokus pada satu hal dalam hidup dan abai pada hal lainnya akan mengalami despair atau kekecewaan terhadap banyak hal.

*dari program "Pensiun Gaul Executive" di Eastparc Yogyakarta 060815

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...