Kamis, 20 Agustus 2015



HYPNAGOGIC, HYPNOSLEEP, HYPNOPOMPIC

Cerita apa yang kita ceritakan kepada anak sebelum tidur?
Pembicaraan seperti apa yang kita lakukan saat anak tidur di dekat kita?
Bagaimana cara kita membangunkan anak?


------------------

Sebelum tidur, saat tidur dan saat bangun tidur, menurut Milton Erickson adalah saat-saat yang sangat sugestif untuk menerima pesan. Apalagi bila pesan itu disampaikan berulang setiap hari selama bertahun-tahun. Oleh karena itu adalah penting bagi kita untuk menjaga agar pesan yang kita sampaikan pada anak memiliki nilai sugesti yang positif.

Hypnagogic
Bayangkan bila anak terbiasa tertidur di depan TV yang masih menyala. Terdengar umpatan dan bahasa kasar dari sinetron-sinetron yang tidak mendidik, atau tawaran materi dari iklan-iklan.
Sugesti apa yang masuk, tersimpan dan terekam dalam memori anak?

Hypnosleep
Bayangkan juga bila anak tertidur di pangkuan sementara di dekatnya, ibu atau pengasuhnya bergosip baik secara langsung maupun via telpon.
Sugesti apa yang masuk, tersimpan dan terekam dalam memori anak?

Hypnopompic
Bayangkan juga ketika anak dibangunkan dengan cara diguncang, dikagetkan, diteriaki atau bahkan disiram. Terlebih bila ketidaksabaran memicu orangtua mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan.
Sugesti apa yang masuk, tersimpan dan terekam dalam memori anak?

Bila kita menyadari bahwa kita sudah menanamkan sugesti negatif selama bertahun-tahun pada anak kita, maka mulai sekarang kita mengubahnya dengan menanamkan sugesti positif.

Mulailah sebelum anak tidur menceritakan kisah-kisah teladan, hingga contoh tokoh dan perilaku baik tertanam di benaknya.
Berdoalah, baik dengan doa-doa yang diajarkan dalam agama, maupun permohonan dengan bahasa sendiri.
Usaplah keningnya, kecup pipinya, dan bisikkan kata-kata cinta dan terima kasih karena mereka adalah hadiah istimewa dari Sang Maha Mencintai.

Saat anak tidur, bicaralah dengan kata-kata yang baik. Perdengarkan musik yang baik atau bacaan Qur'an. Dan jauhkan televisi yang masih menyala.

Saat membangunkan anak dari tidur. Bangunkan dengan lembut dengan bisikan di telinganya. Dengan mengusap ubun-ubunnya atau memijat lembut ibu jari tangan dan kakinya. Berikan waktu cukup pada anak untuk benar-benar bangun. Bangunkan pula dengan perasaan senang dan bersemangat, sehingga anak tertulari perasaan tersebut dan menjalani hari dengan senang.

Sumber gambar http://sleepsense.net/do-it-yourself-options/plans/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...