Rabu, 19 Agustus 2015



#4 PARADOKS TEKNOLOGI YANG MENGUBAH PERILAKU ...
(Poker Face)

Pernah bermain poker atau kartu remi? Orang yang bermain poker biasanya akan berusaha untuk tidak menampilkan ekspresi emosi di wajahnya, Ini dilakukan supaya pemain lain tidak tahu, apakah dia memegang kartu bagus, atau kartu yang buruk.


Nah, tapi apa hubungannya "Poker Face" dengan perilaku manusia terhadap perkembangan teknologi?

Gadget bagaimana pun adalah benda mati. Ia tidak bisa memberikan respon balik tanpa dioperasikan. Ketika kita menonton lawakan di Youtube dan kita tertawa terbahak, gadget tetap diam saja, plain/datar. Ketika kita kesal atau marah dengan suatu berita yang kita baca di situs tertentu, gadget pun tidak memberikan respon sesuai.

Coba kita tertawa terbahak atau cemberut di depan orang lain. Tentu orang tersebut akan memberikan respon, entah dalam bentuk perkataan, tindakan atau hanya ekspresi wajah tertentu. Respon tersebut yang menjadi stimulus bagi kita sehingga kita pun berespon balik.

Anak-anak kita yang menghabiskan waktu lebih banyak berinteraksi dengan gadget, mengembangkan ekspresi wajah seperti "Poker Face," datar dan terkesan tanpa emosi. Pada anak-anak kita, hal ini terbentuk karena mereka berkurang waktunya untuk berlatih berespon dengan tepat sesuai dengan stimulus yang dihadapinya. Kadang, di samping poker face, anak-anak kita juga bisa menampilkan ekspresi emosi sebaliknya yang "lebay."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...