Kamis, 20 Agustus 2015



BATAL PUASA

Sambil nyetir mendengarkan siaran di sebuah radio FM. Si penyiar bilang, "Kita pingin tahu pengalaman kalian-kalian, pernah gak kalian batal puasa, dan karena apa batalnya." Dan tak lama kemudian penyiar pun membacakan sms yang masuk dari para pemirsa.

Sms pemirsa : "Gua pernah batal puasa gara-gara ditraktir lontong sayur sama teman ... "


Penyiar : "Serius ...? Murah banget harga puasa lu, cuman seharga lontong sayur,"

Sms pemirsa : "Gua sekeluarga pernah batal puasa. Ceritanya kita ke mall, rame banget desak-desakan mana siang-siang panas lagi. Akhirnya kita sekeluarga ber-tujuh bo, kehausan gak tahan lagi dan kita buka di food court .... "

Penyiar : "Ya ampun sekeluarga kompak banget ... makanya kalau ke mall lihat-lihat waktu dan situasi dong ... Terus lu lu pade, pake jilbab lagi. Ampuuun ... pake jilbab buka puasa di siang bolong di tempat umum ... "

Sms pemirsa : "Kalau gua sih pernah batal puasa gara-gara diajak teman makan di warung Padang. Gak ngerti juga kenapa waktu itu gua b.go banget ya. Jam 3, kita lewat warung Padang, terus teman bilang "Makan yuk, laper ... " eh kayak kebo dicocok idungnya gua ngikut lagi. Padahal tinggal 3 jam lagi maghrib. Masih ada malunya sih, motor gua minta masukkin ke dalam restoran, takut ketahuan sama bokap. Secara itu jam pulang kantor bokap dan bokap biasa lewat situ.

Penyiar : "Lu tuh ya ... kalau masih ada malunya kenapa juga lu batalin puasa ... ?"

Sms pemirsa : "Ceritanya di kantor gua ada yang pesta ulang tahun. Terus kita makan-makan. Nah gua jadi gak enak gak makan sendiri. Jadi gua ikut makan aja deh, biar gak dibilang sok alim gitu ... "

Penyiar : "Ya elah elu ... malunya salah tempat tuh ... "

Sms pemirsa : "Gua batal gara-gara anak kecil siang-siang makan es krim di depan gua. Gua yang lagi haus, jadi gak tahan ... batal deh ... "

Penyiar : "Set dah ... gara-gara anak kecil, lu batalin puasa ... ck ck ck ... "

Dst.

*Dan saya menghela nafas serta merenung ...
Betapa penting sejak dini menanamkan puasa sebagai bagian dari ketaatan dan harga diri. Selain juga manfaat dan hikmah yang diperoleh.

Saya mengevaluasi diri, sudahkah saya melakukan itu, baik pada diri maupun pada orang-orang terdekat di sekeliling saya?

Betul bahwa idealnya juga adalah lingkungan dan orang-orang sekitar perlu memberikan dukungan. Tapi ketika orang-orang di lingkungan tidak bisa melakukan itu, maka kekuatan yang paling utama adalah berasal dari dalam diri sendiri.

Wallahu'alam ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...