Rabu, 19 Agustus 2015


ACCEPTANCE THE DIFFERENCES
(Menerima perbedaan - konteks parenting)


"Tapi aku gak suka diliatin terus-terusan apalagi kalau diketawain.” kamu berkata sambil cemberut dan mau menangis.

Aku memeluknya, mendekap kepalanya di dada sambil mengusap kepalanya. Beberapa menit seperti itu sebelum aku melepaskan pelukan, memangkunya sehingga berhadapan, memegang kedua pundaknya di depanku, dan menatap matanya dalam-dalam. Aku berkata, “Nak, kalau kamu berkumpul di lapangan, semua orang pakai baju putih, dan kamu sendiri yang pakai baju merah, mana yang paling duluan keliatan?

“Yang baju merah…”

“Kenapa…?”

“Karena dia beda sendiri …”

“Ya, betul sekali. Apakah warna merah itu buruk?”

“Gak …”

"Kalau ada anak rambut lurus dan keriting, mana yang lebih baik?"

"Gak ada, sama aja ..."

"Kalau ada yang kulitnya, putih, kuning, coklat, hitam, mana yang lebih baik?

"Sama aja semua ... "

"Ada yang matanya sipit ada yang matanya belo, mana yang lebih baik?"

"Sama ..."

“Nah, kamu seperti anak berbaju merah di antara banyak anak berbaju putih. Kamu sedikit berbeda, tapi itu tidak berarti kamu lebih buruk dari yang lain. Memang tidak nyaman diperhatikan terus-terusan, Mama juga begitu. Tapi ada orang yang senang diperhatikan dan bahkan mencari perhatian, misalnya seperti penyanyi, pemain film, pembawa acara, guru atau lainnya. Kelihatannya kamu perlu belajar untuk lebih tahan untuk dilihat orang di tempat umum.”

“Tapi, aku gak suka diperatiin terus …”

“Iya, Mama juga begitu, karena Mama bukan artis atau penyanyi. Kira-kira bagaimana ya caranya agar kamu tidak terganggu dengan orang-orang yang ngeliatin kamu?”

“Ya udah, aku cuekin aja, aku ngerjain yang lain, nggambar gitu atau baca komik.”

"Anak pinter Mama ....
---------------------
Dicuplik (dengan revisi) dari notes: PRECIOUS GIFTS FROM ALLAH
Catatan-2 : Konsep Diri, Fondasi Cara Pandang dan Perilaku

*Percakapan dilakukan saat anak berusia 5 tahun-an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...