Rabu, 19 Agustus 2015


10 PROBLEM KESEHATAN TERKAIT STRES

Stress dapat membuat kita jadi sakit. "Stres tidak hanya membuat kita merasa tidak nyaman secara emosi. Stres juga dapat memperparah kondisi kesehatan kita," menurut Jay Winner, MD, pengarang "Take the Stress Out of Your Life" dan pengelola Program Manajemen Stres di Sansum Clinic, Santa Barbara.

10 Masalah Kesehatan Berkaitan dengan Stres, yaitu
1. Sakit Jantung
Para peneliti telah lama mencurigai bahwa orang-orang dengan kepribadian tipe A*) memiliki risiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi dan problem jantung. Stres meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Menyebabkan pelepasan kolestrol dan trigliserida ke dalam aliran darah. Stres sangat mungkin berkaitan dengan masalah lain, yaitu merokok dan kegemukan yang secara tidak langsung meningkatkan risiko sakit jantung.
Stres emosional tiba-tiba, dapat memicu masalah jantung serius, termasuk serangan jantung. Orang yang memiliki masalah jantung kronis perlu menghindari stres akut, dan belajar bagaimana mengelola stres dalam hidupnya.

2. Asma
Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk sakit Asma. Anak-anak dari orangtua yang stres, memiliki risiko tinggi menjadi asma. Penelitian lain menunjukkan peningkatan risiko asma pada anak juga disebabkan polusi udara karena ibunya merokok selama kehamilan.

3. Obesitas
Stres menyebabkan tingkat hormon kortisol yang lebih tinggi dan meningkatkan jumlah timbunan lemak di perut. Kelebihan lemak di bagian perut meningkatkan risiko kesehatan yang lebih besar daripada kelebihan lemak di kaki atau paha.

4. Diabetes
Stres dapat memperburuk diabetes dalam dua cara. Pertama, meningkatkan peluang perilaku buruk, seperti pola makan yang tidak sehat dan minum (minuman keras) berlebihan. Kedua, stres meningkatkan tingkat glukosa yang menyebabkan diabetes.

5. Sakit Kepala
Stres diketahui juga sebagai salah satu dari pemicu paling umum terhadap sakit kepala dan migrain.

6. Depresi dan Anxietas/Kecemasan
Stres kronik berkaitan dengan tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi. Suatu survey dari penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengalami stress kerja, misalnya pekerjaan banyak/berat namun bergaji kecil, memiliki 80 persen risiko lebih tinggi mengalami depresi daripada orang-orang dengan stres yang lebih rendah.

7. Gangguan Pencernaan
Stres tidak menyebabkan, tetapi memperburuk masalah lambung. Stres adalah faktor umum dalam banyak kondisi gangguan pencernaan, seperti masalah lambung, diare dan sembelit.

8. Alzheimer*2)
Suatu penelitian pada binatang menemukan bahwa stres dapat memperburuk kondisi Alzheimer. Menyebabkan fungsi syaraf/otak menurun lebih cepat. Sehingga beberapa peneliti beranggapan bahwa dengan mengurangi stres dapat berpotensi mengurangi kecepatan penurunan fungsi syaraf otak.

9. Akselerasi Penuaan
Ada bukti bahwa stres mempengaruhi bagaimana kita menua. Satu penelitian membandingkan DNA dari ibu yang sangat stres (karena merawat anak sakit) dibandingkan dengan ibu yang kurang stres. Peneliti menemukan bahwa bagian tertentu dari kromosom memperlihatkan efek penuaan yang lebih cepat. Stres dapat mempercepat penuaan sekitar 9 sampai 17 tahun.

10. Kematian Prematur
Suatu penelitian menunjukkan adanya efek stres terhadap kesehatan seseorang. Orang usia tua yang merawat pasangannya (kondisi alamiah yang menimbulkan stres) memiliki peluang 63 % peluang kematian lebih besar dibandingkan dengan orang seusianya yang tidak merawat pasangannya.

*) Kepribadian tipe A : ambisius, kaku, mudah tegang, sensitif, tidak sabar, bekerja lebih berat dari apa yang sanggup ditanggungnya, workaholic, multitask, dll

2*) Alzheimer : Adalah penyakit penurunan kondisi syaraf yang biasanya mengakibatkan keterlambatan yang semakin parah, yang diawali dengan berkurangnya kemampuan mengingat dan kemampuan kognitif lainnya.

Sumber: Terjemahan bebas dari http://www.webmd.com/…/10-fixable-stress-related-health-pro…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...