Kamis, 31 Desember 2020

RAGAM KELUHAN PENGASUHAN DI ERA DIGITAL - yws

Keluhan 1: 

Keluhan seorang ibu dan bapak tentang anaknya yang berusia 3 tahun.
"Ibu, anak saya nggak bisa diam, nggak bisa dilarang. Kalau dilarang ngamuk-ngamuk. Saya minta tolong anak saya dihipnotis"
(Saya melihat anak menendang ibunya yang menggendong adik bayi. Ibunya salah tingkah dan kemudian memberikan gadget agar anak tenang)
"Ibu, pertanyaan saya yang pertama nih. Apakah ibu sanggup untuk tidak memberikan gadget pada anak ibu?"
(Mata ibu berkaca-kaca)
"Nggak sanggup, Bu. Anak saya benar-benar bisa ngamuk, melempar barang. Bahaya buat adiknya, dan saya repot ngurusnya. Saya sendirian di rumah, Bu."
(Saya menengok pada bapaknya)
"Bapak, apakah Bapak bersedia membantu kesulitan Ibu?"
(Dan bapaknya menunduk), "Harusnya kan itu tugas ibunya. Kan ibunya yang di rumah"
*Balita belum bisa mengendalikan diri.
*No gadget atau gadget dengan pendampingan untuk balita
*Pendidikan anak adalah tanggung jawab bapak dan ibu, bukan hanya salah seorang.
*Problem era digital
Yeti Widiati 230918

Keluhan 2:
Keluhan seorang ibu
"Anak saya nggak nurut dibilangin nggak boleh main komputer. Sudah saya matikan wifinya, sudah saya kasih hukuman, tetap saja curi-curi main gadget."
"Kenapa anak nggak diizinkan menggunakan gadget?"
"Kan gadget itu bisa menyebabkan kerusakan otak, Bu."
"Bapak kerja apa, Bu?"
"Eh, disain grafis. Di rumah kerjanya."
"Pakai lap top dong ya. Kenapa bapak boleh pakai laptop tapi anak nggak boleh pakai laptop kalau begitu?"
"Yaaaaa .... tapi kan bapaknya buat kerja, Bu"
"Sayangnya, anak nggak tahu tentang itu, Bu. Yang dia rasakan, sederhana saja, "TIDAK ADIL". Bapak ibu boleh bergadget kapan saja sementara anak tidak boleh/dibatasi, bahkan dapat hukuman kalau tidak menurut.
*Anak mencontoh orang tuanya
*Problem era digital
Yeti Widiati 230918

Keluhan 3:
Keluhan seorang ibu
"Saya takut anak saya terpengaruh oleh teman-teman yang nggak bener. Jadi saya lebih suka anak saya main di rumah saja."
Keluhan ibu yang sama beberapa tahun kemudian.
"Gimana ya bu, anak saya main game melulu di rumah. Apalagi kalau libur, dari pagi sampai malam main game melulu."
*Memilih menghindar kesulitan bersosialisasi, namun permisif dalam menggunakan gadget.
*Problem era digital
Yeti Widiati 230918

Keluhan 4:
Keluhan seorang anak SMP:
"Aku nggak mau sekolah, takut ada orang nyegat di jalan ..."
"Kamu kenal orangnya?"
"Nggak tau, nggak kenal, belum pernah ketemu"
"Gimana kamu bisa yakin kalau dia bakal nyegat kamu?"
"Dia yang bilang di instagram. Aku suka komen di instagram. Ada orang nggak suka sama komen aku, dan kita debat. Terus dia bilang, "Jangan macem-macem lu. Lu ke sekolah, gua cegat lu. Gua tau lu, sekolah di mana ...!"
*Ketika yang 'maya' dirasa 'nyata'
*Problem era digital
Yeti Widiati 230918

Keluhan 5:
Keluhan orang tua dulu:
"Bu, anak-anak saya sering bertengkar rebutan remote TV untuk nonton film favoritnya"
Keluhan orang tua sekarang:
"Bu, anak-anak saya nggak mau main bareng, mereka sibuk nonton Youtube di gadgetnya masing-masing"
*Era digital mengubah perilaku
Yeti Widiati 230918

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...