Kamis, 31 Desember 2020

POSISI MENENTUKAN PRESTASI - yws


Saya kerap memberikan seminar, mengajar, memberikan kuliah atau bahkan memberikan tes klasikal. Bila posisi tempat duduk boleh memilih sendiri (tidak ditentukan oleh panitia), maka menjadi menarik sekali bagi saya memperhatikan bagaimana orang memilih posisi tempat duduk
terbaik
menurutnya.
Mereka yang memiliki minat tinggi untuk belajar, seringkali akan memilih tempat duduk yang memudahkan mereka untuk menyimak dengan baik. Biasanya itu adalah kursi-kursi paling depan.
Sementara mereka yang datang karena disuruh hadir, yang tidak terlalu tertarik dengan materinya, yang harus segera pulang, atau tim sibuk yang wira-wiri, mereka akan mencari tempat paling dekat ke pintu keluar, paling jauh dari pembicara atau yang paling terlindung/terhalang oleh teman-temannya.
Menurut saya, kalimat "Posisi menentukan prestasi" ada benarnya tapi tidak sepenuhnya. Karena bukan posisinya yang menentukan, melainkan motivasi awal yang sudah dimiliki yang membuat orang mencari cara (termasuk memilih tempat duduk) untuk mencapai prestasi
terbaik
.
*Btw, saya juga suka pilih kursi paling belakang dekat pintu keluar kok. Meskipun kalau belajar, saya biasanya pilih paling depan.
*Pendapat ini pasti boleh dibantah, tapi yang nyantai aja ya, nggak usah kenceng-kenceng, hehe ...
Yeti Widiati 170319

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...