Kamis, 31 Desember 2020

CERITA TENTANG 'ANTRI' - yws


Antri (1)
Seorang anak laki-laki usia 6 tahun belajar mengantri saat akan membayar buku yang dibelinya. Ibunya mengamati dari kejauhan. Ketika antrian maju, ia bingung dan ragu untuk maju. Tiba-tiba seorang bapak di belakangnya menyerobot anak laki-laki itu dan membayar lebih dulu. Anak ini bingung, dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Ia merasa benar dan tak paham kenapa seorang bapak yang seharusnya lebih paham cara mengantri ternyata menyerobot.
Antri (2)
Seorang anak perempuan 10 tahun disuruh membayar oleh orang tuanya. Antrian nampak cukup panjang. Anak perempuan ini mengeluh, "Panjang banget ...". Ayahnya kemudian berkata, "Kamu nyerobot aja, kamu kan anak kecil, pasti dikasih."
Antri (3)
Sekelompok ABG perempuan membeli kartu isi ulang di food court, satu orang temannya tertinggal dan antri agak jauh dari kelompoknya. Ibunya yang melihat dari jauh berkata, "Kamu maju aja bareng sama teman-teman kamu." Anaknya menjawab, "Nggak ah, itu kan ada orang yang sudah ngantri duluan." Ibunya kemudian berkata lagi, "Gimana sih, ya nggak apa-apa kamu maju kan ada teman-teman kamu di depan. Kalau kamu tetap di situ, kan lama jadinya." Anaknya tak mematuhi perkataan ibunya, dan tetap berdiri sesuai antrian.
Antri (4)
Seorang ibu mengantri untuk membeli makanan. Anaknya 2 orang berusia 5 dan 6 tahun maju terlebih dahulu dan mulai memilih-milih menu. Mereka berteriak-teriak, "Ayo mama kasihkan uangnya, aku mau beli ini sama ini." Ibunya dengan wajah datar tanpa emosi, berkata, "Mama masih antri di sini, nanti kalau sudah sampai situ mama bayar."
Antri (5)
Seorang anak laki-laki usia 5 tahun belajar mengantri. Di depannya ada seorang ibu-ibu. Ibu tersebut menengok pada anak tersebut, dan sambil tersenyum ia berkata, "Kamu pinter banget belajar antri. Tante duluan ya ..." Ibu anak tersebut dari jarak sekitar 2 meter memberi contoh jawaban pada anaknya, "Iya tante silakan ..."
----------------------
Ada banyak cerita dari luar negeri tentang pentingnya mengajarkan mengantri pada anak. Konon katanya mengajarkan mengantri sejak dini jauh lebih baik daripada akademik.
Dari cerita antri 1-5, kita termasuk yang mana? Apakah kalau anak masih kecil, maka dia boleh menyerobot orang dewasa?
Yeti Widiati 121018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...