Kamis, 31 Desember 2020

KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA SD - yws


Bila keterampilan usia Prasekolah sudah dikuasai, maka pada usia SD diharapkan anak sudah bisa:
1. Mengawali pembicaraan dengan orang baru
Tidak semua anak mengetahui bagaimana cara mengawali pembicaraan dengan orang baru. Mulai dari mendekati, tersenyum, menyapa, memperkenalkan diri, bertanya, dst. Semuanya perlu dicontohkan dan dibimbing.
2. Membuat teman
Anak akan membutuhkan teman dalam setiap kesempatan. Hal ini akan membantunya mengembangkan kemampuan lainnya. Oleh karena itu ia perlu belajar bagaimana cara untuk membentuk pertemanan.
3. Mempertahankan teman
Bersama orang lain dalam jangka panjang, misalnya di sekolah atau dalam kehidupan bertetangga, maka anak akan berinteraksi terus-menerus dengan orang-orang tertentu. Ia perlu belajar bagaimana caranya bisa hidup berdampingan dan berinteraksi dengan baik untuk dapat mempertahankan hubungannya. Terus-menerus berkonflik, bukanlah sesuatu yang nyaman, sehingga anak perlu belajar mempertahankan pertemanannya.
4. Memberi dan menerima
Kemampuan ini didasari pengenalan dan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan diri. Kemampuan memberi akan memperkuat harga diri, sementara kemampuan menerima membuat anak menyadari dan menghargai kemampuan orang lain tanpa merasa perlu merasa rendah diri.
5. Membuka diri pada hal-hal baru
Cara berpikir, kebiasaan dan value setiap orang berbeda-beda. Kemampuan membuka diri berkait dengan kesediaan untuk menerima hal-hal baru dan percaya pada orang lain dengan didasari pula oleh pertimbangan untuk memilih mana yang paling sesuai dengan dirinya. Kesediaan membuka diri ini biasanya juga akan membuat anak memiliki lebih banyak teman, karena teman-temannya merasa welcome dan diterima anak.
Yeti Widiati 231018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...