Kamis, 31 Desember 2020

KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH - yws


Keterampilan sosial adalah seperangkat kemampuan yang perlu dimiliki seseorang untuk dapat beradaptasi, bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan ini berawal dari rumah. Yaitu dari bagaimana orang tua atau orang-orang yang berada di rumah (saudara, pengasuh, kerabat, dll) memperlakukan anak.
Bila anak diterima keberadaannya, didengar bicaranya, diperlakukan sebagai seorang yang memiliki harga diri, maka ia berpeluang lebih besar untuk dapat bergaul dan berinteraksi dengan baik di lingkungannya.
Kemampuan ini juga perlu dikembangkan secara bertahap mulai dari kecil. Berikut ini adalah sejumlah keterampilan sosial yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh anak usia prasekolah (untuk usia sekolah dasar ada di status berikutnya) yang disarikan dari buku "How to Help Children with Common Problems" yang disusun oleh Schaefer dan Millman.
Pada umumnya, anak prasekolah perlu mempelajari dan menguasai aturan-aturan dasar dalam berinteraksi, antara lain:
1. Bergiliran/mengantri.
Hal ini berkait dengan kemampuan untuk bersabar dan mengendalikan diri. Kemampuan ini cukup menantang bagi anak usia prasekolah yang cenderung spontan dan mengikuti keinginan dan dorongannya.
2. Berbagi dengan teman
Kemampuan ini adalah dasar dari kemampuan berempati di kemudian hari. Kesediaan untuk memberikan sesuatu yang berharga bagi dirinya tidak mudah bagi anak yang masih bersifat egosentris.
3. Memuji orang lain
Tidak mudah bagi seorang anak prasekolah untuk bisa memuji orang atau anak lain. Hal ini berkaitan dengan kemampuan untuk menilai dan menghargai apa yang dimiliki atau ditampilkan orang lain. Juga secara tidak langsung berkait dengan kemampuan menerima kekurangan diri.
4. Menyumbangkan ide dalam bermain.
Kemampuan ini berkait dengan keberanian untuk mengungkapkan pikiran dan pendapatnya, dan secara bertahap juga belajar mempengaruhi orang lain. Dan bersiap menerima resiko penerimaan dan penolakan dari teman.
Yeti Widiati 231018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...