Kamis, 31 Desember 2020

POLA ASUH DAN ADIKSI - yws


Anak yang mengalami adiksi gawai/gadget (dan juga adiksi lainnya) seringkali berangkat dari keluarga dengan pola asuh permisif dan pola asuh pengabaian (laisez faire).
- Pola asuh permisif ditandai dengan tindakan serba boleh, tak suka melihat anak sedih, marah dan kecewa. Orang tua hanya ingin melihat anak senang.
- Pola asuh pengabaian (laisez faire) ditandai dengan tak acuh dengan akibat apa yang bisa ditimbulkan dari penggunaan gawai. Tidak membuat batasan dan tidak membimbing dan mengajarkan proses, cenderung pada hal instan dan ingin gampang.
Ada banyak aspek yang perlu diperbaiki menghadapi kasus adiksi. Namun hal yang paling signifikan yang perlu dilakukan orang tua adalah membuat batasan dan aturan. Dan poin ini yang biasanya menjadi ganjalan, karena tidak banyak orang tua yang bersedia mengubah pola asuhnya, dan tak jarang juga menyerahkan tugasnya pada orang lain, menyuruh orang lain yang menyelesaikan masalahnya.
Yeti Widiati 100219

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...