Kamis, 31 Desember 2020

BERI KESEMPATAN AGAR MENYADARI - yws

 

- Bayi belum menyadari kalau ia punya tangan dan kaki, sampai ia menggerakkannya dan ternyata gerakannya menimbulkan akibat tertentu.
Maka berikan ia kesempatan untuk bergerak agar ia dapat mengendalikan dan memanfaatkan tubuhnya dengan seimbang.
- Balita belum menyadari kekuatannya mempengaruhi orang tuanya, sampai ia berbicara dan orang tua berespon padanya (positif atau pun negatif).
Maka jika kita ingin anak kita terbuka dan membicarakan banyak hal dengan kita, beresponlah positif yang membuat ia terdorong berbicara ragam hal.
- Anak tidak menyadari ia memiliki minat dan bakat yang beragam, sampai ia mencoba ragam kegiatan.
Maka berikan kesempatan anak untuk melakukan ragam aktivitas. Sehingga ia bisa mengenali dirinya. Tak terpaku hanya pada satu aktivitas yang menyebabkan adiksi. Karena ia tahu ada banyak cara untuk menyenangkan diri.
- Remaja belum menyadari kalau ia bisa memecahkan masalah, sampai ia mengalami kejadian yang membuatnya harus memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
Maka berikan tanggung jawab pada remaja. Hindari untuk selalu menyelesaikan masalah mereka. Sehingga mereka tahu bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah dalam dirinya.
Yeti Widiati 240119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...