Kamis, 31 Desember 2020

'HANYA BERMAIN' - yws


Anita Wadley
(Chicken Soup for the Unsinkable Soul)
Ketika aku membangun balok-balok,
Tolong, jangan katakan bahwa aku 'hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Tentang keseimbangan dan bentuk.
Ketika aku berdandan seperti ibu-ibu,
Mengatur meja, dan mengasuh boneka bayi,
Jangan berpikir bahwa aku 'hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Mungkin satu hari nanti aku akan menjadi seorang ibu atau seorang ayah.
Ketika engkau melihat aku berlepotan cat sampai ke siku,
Atau melukis di kanvas, mencetak dan membentuk tanah liat.
Tolong, jangan biarkan aku mendengar kau berkata 'ia hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Aku mengekspresikan diri dan menjadi kreatif.
Mungkin satu hari aku menjadi seorang seniman atau seorang penemu.
Ketika engkau melihat aku duduk di kursi
"Membaca" untuk penonton-penonton imajiner,
Tolong, jangan tertawa dan berpikir bahwa aku 'hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Mungkin satu hari nanti aku menjadi seorang guru.
Ketika engkau melihat aku menyisir rerumputan mencari serangga.
Atau mengisi kantongku dengan benda-benda 'unik' yang kutemukan,
Jangan remehkan bahwa aku 'hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Aku mungkin menjadi ilmuwan satu hari nanti.
Ketika engkau melihat aku asyik dengan puzzle-ku,
Atau fokus dengan mainan di sekolah,
Tolong, jangan merasa waktu terbuang sia-sia karena bermain
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Aku belajar memecahkan masalah dan berkonsentrasi.
Mungkin aku akan bekerja di kantor suatu hari.
Ketika engkau melihatku memasak dan mencicipi makanan,
Tolong, jangan berpikir bahwa karena aku menikmatinya,
maka itu 'hanya bermain',
Aku belajar mengikuti petunjuk dan melihat perbedaan.
Aku mungkin menjadi koki suatu hari nanti.
Ketika engkau melihat aku meloncat, melompat, berlari dan menggerakkan tubuh,
Tolong, jangan katakan bahwa aku 'hanya bermain'.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'.
Aku belajar bagaimana tubuhku berfungsi.
Mungkin suatu hari aku menjadi dokter, perawat atau atlit.
Ketika engkau bertanya apa yang aku lakukan di sekolah hari ini,
Dan aku mengatakan "Aku bermain."
Tolong, jangan salah paham.
Seperti yang kau lihat, 'Aku belajar dengan bermain'
Aku belajar menikmati dan berhasil dalam bekerja.
Aku menyiapkan diri untuk masa depan.
Sekarang, aku seorang anak dan pekerjaanku adalah bermain
Terjemahan bebas oleh Yeti Widiati 260519

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...