Minggu, 12 Juni 2016

SULUNG - yws
Ada keuntungan jadi anak pertama, meski gak selalu mudah untuk menjalani tanggung jawab menjadi anak pertama.
Anak pertama seringkali menjadi tumpuan harapan luar biasa dari orangtuanya. Perhatian pun juga paling besar. Harapan luar biasa dan tuntutan untuk menjadi contoh bagi adik-adiknya, ini yang kadang menjadi beban pada si sulung, terutama ketika si sulung memiliki harapan dan keinginan yang berbeda dengan orangtuanya atau orang-orang di sekelilingnya. Komunikasi perlu terjalin baik, agar orangtua dan anak bisa saling memahami.
Anak pertama adalah juga pengalaman pertama bagi orangtuanya, sehingga orangtua masih kadang coba-coba/trial error dalam melakukan pendekatan dan pengasuhan. Bukan karena kesengajaan untuk melakukan kesalahan, tapi lebih karena ketidak-trampilan.
Anak pertama bisa menjadi anak yang paling manja, tapi di sisi lain ia juga bisa menjadi anak yang selalu harus siap berkorban untuk adik-adiknya. Oleh karena itu ia bisa berkembang menjadi pengatur, namun bisa juga menjadi seorang pengayom dan pelindung. Karakter itu tumbuh dalam relasinya dengan adik-adiknya.
Yeti Widiati S. 071215

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...