Senin, 13 Juni 2016

MULTITASKING, BENARKAH? - yws
Di era digital teknologi ini, kita para ibu berpeluang lebih besar untuk melakukan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu. Masak, mencuci sambil mendengarkan radio. Menyetrika sambil mendengarkan rekaman pengajian, Mengetik sambil mendengarkan musik, dll.
Multitasking bisa dilakukan efektif untuk tugas-tugas teknis seperti contoh di atas. Tapi hindari melakukan beberapa pekerjaan sekaligus pada tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi dan intensitas perhatian yang tinggi.
Menyusui bayi, memberi makan anak, bermain atau belajar bersama anak, adalah beberapa aktivitas yang membutuhkan perhatian, kelekatan hubungan dan keterlibatan seluruh sensori. Mata yang menatap, telinga yang mendengar, menyanyikan lagu, pelukan yang hangat, usapan, bahkan detak jantung yang teratur, seluruhnya memberikan efek pada anak kita dan menimbulkan perasaan aman, nyaman dan trust. Itu semua sulit diperoleh secara optimal, bila perhatian terpecah dan sensori terbagi.
Perasaan aman dan nyaman serta trust yang tumbuh pada anak jauh lebih berharga dan bernilai tinggi, dibanding waktu yang hilang karena tidak menggunakan gadget.
Bersabarlah ....
Yeti Widiati 250416

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...