Minggu, 12 Juni 2016

KEMISKINAN SITUASIONAL VERSUS KEMISKINAN GENERASI - yws
Dua istilah ini diperkenalkan oleh Ruby Payne, seorang mantan kepala sekolah untuk menjelaskan dua jenis kemiskinan dan terkait pada seberapa besar seseorang dapat melepaskan diri dari kemiskinan yang dihadapinya.
- KEMISKINAN SITUASIONAL, 
Adalah kemiskinan yang tidak terduga karena situasi yang tidak menguntungkan, misalnya; kehilangan pekerjaan, meninggalnya anggota keluarga atau kehilangan tempat tinggal karena bencana alam. Biasanya berlangsung dalam jangka pendek dan dapat teratasi setelah seseorang atau keluarga tersebut mengatasinya bersama.
- KEMISKINAN GENERASI,
Adalah kemiskinan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya karena suatu situasi atau lingkungan yang membuat generasi tersebut tetap dalam kemiskinan. Anak yang hidup dalam kemiskinan ini akan terbiasa dengan gaya hidup miskin. Kemiskinan jenis ini juga tidak dapat diperbaiki begitu saja dengan mudah. Seseorang harus memiliki kesadaran dan kemauan kuat untuk berubah dan berusaha untuk memutus rantai kemiskinan yang sudah terbentuk lama.
Ada 6 sumber pribadi yang dibutuhkan seseorang untuk membuat perubahan permanen dan keluar dari kemiskinan generasi, yaitu:
1. FINANSIAL,
memiliki biaya untuk bertahan hidup, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengikuti pelatihan kerja.
2. PENDIDIKAN,
memperoleh pendidikan yang dibutuhkan atau pelatihan kerja sebagai profesional dalam bidang tertentu.
3. KESEHATAN dan SISTEM PEMELIHARAAN KESEHATAN,
memiliki tubuh sehat dengan pola makan yang baik, olah raga dan akses memperoleh pelayanan kesehatan.
4. KENDALI EMOSI (KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS),
dapat mengelola dan mengekspresikan emosinya dengan cara yang diterima lingkungan.
5. MENTOR/PEMBIMBING,
memiliki orang dewasa yang memberikan bimbingan.
6. SPIRITUAL,
memiliki keyakinan dan keimanan terhadap kekuatan yang lebih tinggi yang melindungi dan membuat manusia memiliki arti dalam menjalani hidup ini.

Yeti Widiati 070116

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...