Senin, 13 Juni 2016

POIN PENTING TERKAIT GAMES DIGITAL - yws
1. Semua adiksi biasanya terkait dengan kekurangan pemenuhan kebutuhan psikologis. Begitupun juga dengan adiksi games. Entah itu kekurangan kebutuhan akan perhatian, penghargaan, variasi kegiatan, penyaluran energi, dll.
2. Sama seperti buku, komik dan film, games juga ada kategorinya. Ada untuk balita, anak, remaja, dewasa. Ada yang untuk menambah pengetahuan, kompetisi, petualangan, dll. Orangtua perlu tahu agar bisa mengizinkan anak bermain games yang sesuai dengan kategori anak.
3. Kebijakan membelikan atau tidak membelikan games tergantung pada orangtua. Maka orangtua juga yang mengatur pemakaiannya. Disiplin ditegakkan oleh orangtua.
4. Anak bermain games bagaimanapun perlu pendampingan. Tidak bisa dibiarkan anak bermain games sendiri tanpa pengawasan dan pengaturan dari orangtua.
5. Teknologi games itu dibutuhkan dalam berbagai bidang. Operasi otak/jantung, militer, disain grafis dll memiliki pola operasi sama seperti mengoperasikan games. Melarang sama sekali anak bermain games, juga kurang realistis karena anak akan membutuhkannya untuk adaptif dengan perkembangan teknologi.
6. Games adalah metode multisensori. Ia mengaktifkan visual, auditori dan kinestetik. Ada gambar yang menarik, berwarna dan bergerak. Ada suaranya dan mengoperasikannya juga interaktif. Sehingga libatan emosinya pun menjadi lebih besar. Bisa dipahami mengapa anak menjadi mudah bosan dengan aktivitas yang monoton dan tidak menarik.
7. Semakin canggih teknologi, maka membutuhkan kemampuan kendali lebih besar. Maka ajari kemampuan kendali terlebih dahulu. Oleh karena itu hindari memberikan games canggih pada anak balita atau anak yang belum memiliki kemampuan kendali yang memadai.
8. Perkembangan anak perlu seimbang. Main games saja itu tidak seimbang. Imbangi dengan aktivitas lain untuk pencapaian aspek perkembangan lainnya. Berlari, berenang, naik sepeda, menulis, membaca, berteman, menyanyi, menari, mengaji, bercakap-cakap, dll. adalah beberapa kegiatan yang juga perlu dilakukan.
9. Games itu menarik dan menantang. Disusun dari mudah ke sulit. Ada sistem reward tapi "tidak" ada punishment dalam games. Setiap membuat kesalahan atau "mati" bisa diulang seberapa banyak pun kita mau. Tidak ada judging (menuduh juga menghina ketika tidak berhasil).
Yeti Widiati 200416

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...