Jumat, 31 Oktober 2014

EDISI TERBATAS BUKAN ALASAN MENJADI MALAS

+ Bapak kerja apa Nak?
- Jualan bu, gorengan di sekolah
+ Kalau ibu?
- Ibu yang buat gorengannya di rumah
+ Kamu juga suka bantu bapak dan ibu?
- Saya bantu bungkusin gorengan sama jaga adik kalau bapak ibu pergi belanja atau jualan
+ Adiknya umur berapa?
- Masih kecil bu, ada yang masih 5 tahun
+ Terus kalau adik nangis karena lapar bagaimana?
- Ibu sudah menyiapkan dulu, tapi kalau ibu gak sempat, saya yang masakin
+ Lho, kamu sudah bisa masak? Masak apa?
- Nasi goreng, goreng-gorengan, masak sayur yang gampang juga bisa.
+ Wah hebat sekali ,,,
Gimana, kamu mau sekolah di Bogor?
- Mau bu
+ Nanti bapak ibu gak ada yang bantuin lagi dong.
- Kata bapak saya harus jadi orang pintar bu dan kalau saya sekolah di Bogor saya bisa bantu bapak ibu juga. Biaya sekolah saya ada yang bantu dan nanti kalau saya sudah lulus dan bekerja saya juga bisa bantu bapak ibu dan adik-adik.
+ Bogor jauh lho, kamu hanya bisa pulang satu tahun satu kali. Teman-temannya dari seluruh Indonesia, macem-macem sifat-sifatnya.
- Gak apa-apa bu. Saya sudah biasa mengurus diri sendiri.

Wawancara ini berlangsung sekitar 9 tahun lalu di Jayapura. Anak ini masih berusia 12 tahun, laki-laki, anak sulung dan memiliki beberapa orang adik. Ayah ibunya membiasakannya bertanggung jawab dengan membantu orangtua semampu yang bisa dilakukannya. Percaya diri, mudah bergaul dan mau berusaha. Cerdas dan juga berprestasi. Saat kuliah sudah memulai bisnis dan usahanya berkembang hingga lintas propinsi.

Ia membuat saya bertambah percaya bahwa keterbatasan tidak menjadi penghalang kesuksesan. "Hanya" membutuhkan orangtua yang mau berpikir panjang, berkorban, dan sabar memberikan bimbingan.

* Renungan
- Pola asuh tidak ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat ekonomi orangtua.
- Pola asuh juga bahkan tidak ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat pendidikan orangtua.
- Pola asuh ditentukan pada seberapa besar kemampuan orangtua mengantisipasi akibat dari suatu perlakuan.
- Pola asuh ditentukan juga pada seberapa besar komitmen dan kekuatan orangtua melaksanakan konsep dan prinsip yang diyakininya benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...