Jumat, 31 Oktober 2014

DIFABLE VS DISABLE

- Saya kasihan bu, anak saya kan punya keterbatasan, masa saya harus membiarkan dan tidak menolongnya. Gak tega bu melihatnya berjalan terpincang-pincang. Kan lebih cepat kalau saya gendong saja.

+ Ibu ingin meninggalkan anak ibu seperti apa?

- ... eeeh ... harus ada yang jaga dan menolongnya bu ...

+ Ada yang mau jaga dan menolong anak ibu setiap saat, dengan penuh kasih sayang, ikhlas tanpa pamrih sepanjang hidupnya seperti ibu?

- (si ibu matanya menerawang ... kemudian berkaca-kaca ...) ...
Gak ada yang bisa merawat anak saya sebaik saya bu ...

+ Jadi ibu mau membuat anak ibu seperti apa?

- Dia harus bisa mandiri ya bu? ... tapi saya gak tega ... (mulai menangis)

+ Ibu, lebih gak tega mana ... ibu sekarang melihat anak ibu susah payah belajar atau nanti ketika besar, ketika ibu tidak ada, anak ibu menjadi beban bagi orang lain ....?

...

*Difable (different ability) bukan disable (dis-ability).
Anak yang memiliki ketunaan fisik/mental bukan tidak mampu melakukan suatu pekerjaan tapi dia berbeda cara untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tugas kita adalah membantu dan mengakomodir agar mereka bisa melakukan pekerjaan tersebut secara mandiri dengan caranya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...