Selasa, 18 Oktober 2016






Ini adalah foto tahun 2012, saat kontrol terakhir dengan Prof. David David, setelah ditangani (operasi dan pendampingan) selama 16 tahun. Dikatakan "terakhir" karena Prof. David mengatakan bahwa proses rekonstruksi untuk mengembalikan fungsi organ, dipandang telah selesai.

Sejak lahir Ghina menyandang Crouzon Syndrome, kelainan pada struktur tulang kepala yang mengganggu fungsi organ di kepalanya. Pada usia Ghina 1,5 tahun, (tahun 1996 awal), kami memperoleh rekomendasi untuk berkonsultasi dengan Prof. David David (dulu masih bergelar Mr.) seorang dokter ahli Craniofacial dari Adelaide Australia.

Kami memperoleh kesempatan bertemu, saat Prof. David berkunjung Indonesia.
Dari pertemuan pertama ini, kami memperoleh gambaran lebih jelas mengenai apa yang bisa kami lakukan untuk membantu perkembangan putri kami baik dari sisi medis maupun psikologis.

Operasi rekonstruksi pertama saat Ghina usia 2 tahun (1996), untuk memberikan ruang bagi otaknya berkembang, sebagai upaya menghindari keterbelakangan mental, gangguan syaraf dan juga rasa sakit kepala yang luar biasa.

Operasi kedua usia 8 tahun (2002), memperbaiki mid-face, terutama untuk menyelamatkan mata dari tekanan terlalu besar yang bisa menyebabkan kebutaan, dan juga memperbaiki rahang.

Operasi ketiga usia 16 tahun, Ghina sudah duduk di bangku SMA. Juga memperbaiki mid-face. Titik beratnya pada rahang, membuat tulang pipi dan memperbaiki dahi.

Proses operasinya sendiri adalah satu tantangan besar, tapi memelihara hasil operasi dan mengembangkan aspek perkembangan lainnya ternyata juga tidak sederhana. Sejak awal Prof. David mengatakan, "Saya melakukan operasi, itu bagian saya, tapi anda orangtuanya yang memelihara hasil operasi ini karena ini adalah proses perubahan jangka panjang."

Dan saya mengapresiasi Prof. David yang selalu memberikan penguatan pada setiap pertemuan konsultasi (2 kali setahun) saat ia berkunjung ke Indonesia. "Hello Blossom ... " dan "Thank you, you did great job as parent. You make my job, easier ..." adalah kalimat yang selalu diucapkan saat menyapa Ghina dan saat pertemuan selesai.

Semua proses sejak awal hingga saat akhir adalah proses pembelajaran luar biasa.

Thank you Prof. David. Saya percaya, setiap kebaikan akan berbuah kebaikan.
Wish you all the best.

Yeti Widiati 181016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...