Senin, 25 Januari 2021

AKTIVITAS ANAK USIA 3-4 TAHUN – yws

 Seri Perkembangan Anak & Remaja

Perkembangan Anak usia 3-4 Tahun

HAL-HAL YANG PERLU DILAKUKAN
• Batasi menonton video dan televisi tidak lebih dari 2 jam sehari. Semua konten yang ditonton harus sesuai untuk perkembangannya. Anak kecil memahami media sebagai nyata, bukan fiksi atau hiburan. Bermain aktif mendukung pembelajaran dan mengurangi risiko obesitas.
• Dorong anak untuk menciptakan penggunaan baru benda-benda rumah tangga yang aman, selimut menjadi tenda, sendok untuk bermain masak-masakan, surat bekas untuk bermain tukang pos, selang air untuk mencuci sepeda, kotak susu plastik untuk perahi, kuas cat air untuk melukis out door.
• Sediakan bahan-bahan yang lebih kompleks dan dapat disusun menjadi bentuk-bentuk geometri, peg board ragam warna, benda-benda untuk belajar berhitung, lego, balok susun, dll.
• Sediakan bahan-bahan prakarya yang tidak beracun yang dapat mendorong anak melakukan eksperimen: Crayon, spidol, kapi, plastisin, gunting yang tidak tajam, kertas, lem, cat air dan kuas besar. (Lakukan pendampingan saat anak menggunakan alat dan bahan tersebut).
• Sediakan banyak buku tentang binatang, keluarga, kejadian sehari-hari, alfabet dan angka, puisi. Lanjutkan sesi membaca setiap hari. Minta anak untuk menceritakan kembali cerita menggunakan puppet atau boneka. Atau mereka dapat membuat sendiri akhir ceritanya.
• Atur kunjungan rutin ke perpustakaan. Berikan kesempatan anak untuk mencari buku sendiri. Masukkan buku non fiksi yang topiknya sesuai minat anak, misal binatang, laut atau planet.
• Luangkan waktu bersama untuk aktivitas luar ruangan. Lakukan permainan – menendang, memukul atau melempar bola. Menangkap serangga, lompat tali, bermain kayangan, atau kucing-kucingan. Anak sekurangnya bermain 1 jam dipandu orang dewasa dan 1 jam untuk aktivitas bermain tidak terstruktur (bebas) setiap hari.
• Sediakan alat permainan beroda, pemotong rumput, kereta bayi, keranjang belanjaan, untuk membangun koordinasi mata-tangan-kaki.
• Ajak anak berjalan-jalan (sesuai kecepatan anak). Sediakan waktu yang cukup untuk anak melakukan eksplorasi, mengamati, mengumpulkan batu, serangga, daun, biji-bijian. Beri nama dan berbicara mengenai ragam hal sepanjang perjalanan.
HAL-HAL YANG PERLU DIWASPADAI
Periksakan ke dokter terdekat atau Psikolog tumbuh kembang anak, jika pada ulang tahun anak yang ke-4, anak TIDAK:
· Pada umumnya dapat dipahami perkataannya. Periksakan pendengaran anak jika ada hal-hal yang perlu diperhatikan.
· Memahami dan mengikuti perintah sederhana.
· Mengatakan nama dan umurnya.
· Bermain di dekat atau bersama anak lain.
· Menggunakan 3-4 kata dalam satu kalimat.
· Bertanya dan memelihara kontak mata.
· Bertahan dalam aktivitasnya selama 3-4 menit. Bermain sendiri beberapa menit pada satu waktu
· Melompat di tempat tanpa jatuh
· Berdiri seimbang dengan satu kaki dengan singkat.
· Bergabung dalam bermain pura-pura, menggunakan benda yang umum untuk tujuan imajinasi.
Sumber: Developmental Profiles, Marotz & Allen, 2007
Yeti Widiati – 271220

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...