Sabtu, 02 September 2017

"MANA YANG LEBIH SERING KITA BERI MAKAN?" - yws

Guncangan ritmis KA Argo Parahyangan itu membuat trance. Sambil melihat sawah berganti kebun berganti rumah, berganti jalan berulang-ulang, pikiran saya pun melayang kembali ke hari ke-3 workshop SFT kemarin. Teringat sebuah kisah metafora Indian yang disampaikan Fredrike (trainer).

Ada dua ekor anjing. Yang satu galak dan satunya baik. Mereka tiap hari berkelahi. Anjing manakah yang akan menang? Tetua Indian yang ditanya, merenung sejenak sebelum menjawab, "Anjing yang menang adalah yang kamu beri makan paling banyak ..."


Kata-kata memiliki pengaruh luar biasa terhadap pikiran dan perasaan orang. Kata2 tajam membuat tak nyaman. Umpatan, serapah, label buruk, membuat orang kehilangan harga diri dan memicu emosi marah, takut, sedih, kecewa, dsb.

Sebaliknya kata2 dukungan dan pujian menumbuhkan perasaan berharga, semangat, bangga, terdukung, kepercayaan diri, dll yang membuat orang mau bergerak dan berusaha dengan semangat dan rasa senang.

Dalam keseharian kita akan mendengar ragam kata dari kedua kelompok yang berseberangan tersebut. Kelompok kata mana yang akan paling berpengaruh pada pikiran, perasaan dan perilaku kita?

Saya mengikuti jawaban seperti jawaban Tetua Indian tadi, sehingga yang paling berpengaruh adalah kelompok kata yang PALING SERING kita dengar, kita ucapkan, kita akses, kita share (atau copas). Sengaja ataupun tidak.

Dalam pendekatan SFT, maka hal awal untuk suatu perubahan yang lebih baik, salah satunya adalah dengan mengubah pilihan kata menjadi kata-kata positif.

Rasanya MUDAH bukan? Kita sudah punya kok perbendaharaan kata2 positif. Tinggal meng-amplify-nya saja. Memperbanyak dan mempersering mendengar serta mengucapkannya. Setelah itu kita menunggu keajaibannya dari hati kita yang lebih senang, perilaku anak yang lebih manis, atau bahkan orang2 yang lebih ramah.

Insya Allah ...

Yeti Widiati 67-240817

*SFT : Solution Focused Therapy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...