Rabu, 25 Januari 2017

REINFORCEMENT DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN - yws
(Konteks komunikasi dengan anak)

C: Anak saya nggak mau terbuka dan cerita apa-apa sama saya.


Q: Kapan terakhir anaknya mau cerita?

C: Dulu waktu masih TK, SD sudah mulai berkurang. Sekarang SMP gak mau cerita sama sekali. Ditanya pun malah marah.

Q: Dulu waktu TK, anaknya cerita apa?

C: Ah gitulah anak-anak, gak penting-penting amat sih. Paling cerita dia gambar gunung di sekolah. Cerita temannya ada yang ulang tahun. Gitu-gitu lah, Mbak.

Q: Dan waktu anak masih TK cerita tentang dia gambar gunung, di sekolah, cerita teman yang ulang tahun, apa yang dikatakan Mbak kepadanya?

C: Ya, saya cuma bilang, "Oooh gambar gunung, kok gak gambar orang?"

Q: Dan bagaimana menurut Mbak perasaan anak, saat Mbak berkata "Oooh gambar gunung, kok gak gambar orang?'

C: (Terdiam agak lama) "mmmhhh .... gak enak ya .... "

Q: Dan ... apakah setelah itu anak akan mau cerita lagi?

C: ..... aduh berarti anak malas cerita gara-gara saya respon seperti itu ya ...?

*Prinsip reinforcement/penguatan adalah,
- perilaku diulang apabila mendapat penguatan positif
- perilaku menghilang apabila tidak mendapat penguatan atau mendapat penguatan negatif.

*Tabungan hubungan dikumpulkan bertahap sejak anak kecil. Dibuka saat anak beranjak remaja

Keterangan:
C = Curhat
Q = Question

Yeti Widiati 13-250117

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...