Minggu, 22 Januari 2017

Pertanyaan: Apa kejadian yang paling menyedihkan dalam hidup ummi selama ini?

Jawaban Ummi 1
Ketika anak pertama saya lahir dalam kondisi prematur dan membutuhkan perawatan panjang. Saya tidak bisa membantu karena saya dalam kondisi masih sangat lemah.


Jawaban Ummi 2
Ketika anak saya yang ketiga jatuh sakit. Ia juga perlu perawatan lama. Saya sedih melihatnya kesakitan.

Jawaban Ummi 3
Ketika anak saya sedih dan trauma melihat kejadian buruk. Saya berusaha membantunya tapi kelihatannya anak saya masih saja mengingat kejadian buruk tersebut. Saya sedih tak bisa melindunginya.

Jawaban Ummi 4
Melihat anak-anak saya bertanya terus mengapa abi tak pulang-pulang juga. Anak-anak saya diganggu oleh temannya karena katanya tak punya bapak.
--------------------

Sekali lagi, bertambah yakin, bahwa bagi banyak ibu, hidup anak adalah jauh lebih penting daripada hidupnya sendiri. Seorang ibu mungkin sedih dengan apa yang dialaminya. Tapi kesedihan pribadi itu menjadi tidak sebanding ketika melihat kesedihan yang dialami anak-anaknya.

Ibu, memiliki "ego state penyayang" yang terbentuk saat berinteraksi dengan anak yang memiliki ketergantungan penuh padanya. Dan ego state penyayang ini sebetulnya dapat digunakan juga untuk membantu ibu "menyayangi" dirinya sendiri.

Yeti Widiati 09-210117

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...