Rabu, 07 Januari 2015

SHADOW - BAYANGAN DARI MASA LALU

Orang-orang yang kita temui saat ini, kerapkali memiliki kemiripan dan mengingatkan kita dengan seseorang dari masa lalu. Entah itu wajahnya, suaranya, aroma tubuhnya, cara berbicara, cara memandang, sentuhannya, dan apapun terkait keberadaannya.

Di dalam konsep Virginia Satir, seorang Family Therapist, maka orang-orang ini di sebut dengan istilah "Shadow" atau "Bayangan."

Menariknya adalah bahwa respon kita terhadap shadow ini kerapkali dipengaruhi oleh pengalaman kita dengan orang yang mirip dengannya tersebut. Jika kita mengalami pengalaman yang baik, maka kita cenderung berespon baik terhadap shadow itu. Sebaliknya bila kita mempunyai pengalaman buruk dengan seseorang, maka kita cenderung berespon buruk terhadap shadownya di masa depan.

Mungkin lebih mudah dipahami dengan gambaran kasus.

Seorang anak merasa tertekan dengan ayahnya yang keras. Ayahnya yang selalu berpakaian rapi menuntut anaknya untuk selalu sempurna. Setiap ayahnya mengajari dan ia kesulitan  memahami pelajaran, ayahnya akan membentak dan melotot. Dalam kondisi seperti itu, ia menjadi sama sekali tidak bisa berpikir, yang malah membuat ayahnya menjadi bertambah marah dan menjewernya.

Perjalanan hidupnya kemudian seolah baik-baik saja, ia berprestasi dan nampak tidak mengalami masalah. Hingga pada suatu hari ia bekerja pada suatu perusahaan. Atasannya, seorang lelaki bertubuh tinggi besar, selalu berpakaian rapi dan tidak sabar menghadapi karyawan yang lambat dan sulit mengerti. Bila marah, ia membentak dan melotot. Anak ini yang sekarang sudah tumbuh menjadi lelaki dewasa seolah bertemu dengan "bayangan" ayahnya. Ia blocking (tidak bisa berpikir), dan pekerjaannya menjadi kacau. Rupanya ia belum berhasil melepaskan diri dari bayangan ayahnya.

Tentu saja pengaruh shadow juga bisa dalam artian positif. Seorang perempuan mungkin memutuskan menerima pinangan seorang laki-laki, karena ia menemukan "bayangan" ayahnya yang baik dalam diri laki-laki tersebut atau sebaliknya.

Sekalipun secara sadar shadow bukanlah realitas yang sebenarnya, namun bagi beberapa orang pengaruh itu begitu kuat, sehingga terbawa dan menjadi beban yang membuatnya pincang dan limbung di masa depan. Ia perlu "melepaskan bayangannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws

  Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...