Seri Perkembangan Anak & Remaja
Perkembangan Anak usia 2-3 Tahun
HAL-HAL YANG PERLU DILAKUKAN
• Bermain domino bergambar, yang bertujuan matching/memadankan warna, binatang, ekspresi wajah dan benda sehari-hari.
• Menawarkan benda/mainan yang bisa dimanipulasi (diubah-ubah) untuk mengembangkan pemecahan masalah dan koordinasi mata-tangan: manik-manik besar untuk dirangkai/dironce, kubus berwarna-warni, puzzle, lego, ‘mainan tumpuk’.
• Sediakan mainan replika binatang peternakan, binatang kebun binatang, keluarga, peralatan masak/makan, mobil-mobilan, kapal terbang untuk belajar sortir dan mengembangkan imajinasi.
• Bacakan buku pada anak secara teratur: sediakan buku bergambar berwarna untuk menamai benda dan menggambarkan kejadian sehari-hari. Gunakan buku cerita bergambar, satu kalimat satu halaman, sehingga anda dapat belajar bercerita. Minta anak yang membuka halaman.
• Ajarkan puisi atau sajak anak-anak, permainan jari, lagu dengan gerakan. Dorong anak berespon, mencontoh dan membuat permainan sederhana berdasarkan sajak spontan anak.
• Sediakan (awasi saat menggunakan) cat air yang bisa dicuci, Crayon, kapur berwarna, botol plastik dengan labelnya dan kantong plastik untuk bermain belanja-belanjaan. Siapkan pakaian dan cermin atau plastik berisi alat berkebun.
• Sediakan beragam mobil-mobilan (truk, bis, dll) yang dapat diisi, didorong atau bahkan diduduki. Boneka dan kereta boneka, perahu.
• Beri kesempatan anak menikmati musik. Dorong anak bermain alat musik, ciptakan lagu, tarian/gerakan. Berpura-pura menjadi binatang.
• Bermain permainan dengan menyortir benda sederhana: pakaian (kaos kaki, sapu tangan, kaos), balok berwarna (merah di satu tempat, biru di tempat lainnya).
• Memberi kesempatan anak membantu pekerjaan sehari-hari, mengelap kursi, “mencuci” mobil, menyiram tanaman, menyapu (dengan sapu kecil).
HAL-HAL YANG PERLU DIWASPADAI
Periksakan ke dokter terdekat atau Psikolog tumbuh kembang anak, jika pada usia 3 tahun anak, TIDAK:
• Makan makanan bergizi dalam jumlah yang cukup
• Berjalan dengan percaya diri dengan hanya kadang-kadang jatuh atau tersandung. Naik tangga dengan bantuan.
• Menghindar menabrak benda-benda
• Dapat melakukan, perintah dua langkah: “Ke sini ke ayah dan bawa bukunya.” Mengekspresikan keinginan. Banyak bertanya.
• Menunjuk dan menampai benda yang dikenali. Menggunakan dua atau tiga kata dalam satu kalimat.
• Senang dibacakan buku. Membantu memegang buku. Menamai dan menunjuk benda-benda dalam gambar.
• Menunjukkan minat bermain dengan anak lain (mengamati dan mungkin mencontoh perilaku anak lain).
• Mulai menunjukkan minat untuk toilet Training (berlari ke kamar mandi, menurunkan celana, menggunakan kata-kata yang sesuai).
• Menyortir objek yang dikenali ke dalam satu kelompok karakteristik seperti tipe, warna, bentuk atau ukuran.
• Membuat kontak mata ketika meminta atau berespon terhadap pertanyaan (kecuali bila hal ini dianggap tabu dalam budayanya).
Sumber: Developmental Profiles, Marotz & Allen, 2007
Yeti Widiati – 271220
Tidak ada komentar:
Posting Komentar