REINFORCEMENT DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN - yws
(Konteks komunikasi dengan anak)
C: Anak saya nggak mau terbuka dan cerita apa-apa sama saya.
Q: Kapan terakhir anaknya mau cerita?
C: Dulu waktu masih TK, SD sudah mulai berkurang. Sekarang SMP gak mau cerita sama sekali. Ditanya pun malah marah.
Q: Dulu waktu TK, anaknya cerita apa?
C: Ah gitulah anak-anak, gak penting-penting amat sih. Paling cerita dia gambar gunung di sekolah. Cerita temannya ada yang ulang tahun. Gitu-gitu lah, Mbak.
Q: Dan waktu anak masih TK cerita tentang dia gambar gunung, di sekolah, cerita teman yang ulang tahun, apa yang dikatakan Mbak kepadanya?
C: Ya, saya cuma bilang, "Oooh gambar gunung, kok gak gambar orang?"
Q: Dan bagaimana menurut Mbak perasaan anak, saat Mbak berkata "Oooh gambar gunung, kok gak gambar orang?'
C: (Terdiam agak lama) "mmmhhh .... gak enak ya .... "
Q: Dan ... apakah setelah itu anak akan mau cerita lagi?
C: ..... aduh berarti anak malas cerita gara-gara saya respon seperti itu ya ...?
*Prinsip reinforcement/penguatan adalah,
- perilaku diulang apabila mendapat penguatan positif
- perilaku menghilang apabila tidak mendapat penguatan atau mendapat penguatan negatif.
*Tabungan hubungan dikumpulkan bertahap sejak anak kecil. Dibuka saat anak beranjak remaja
Keterangan:
C = Curhat
Q = Question
Yeti Widiati 13-250117
Rabu, 25 Januari 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
"KESEMPATAN", KEBUTUHAN ANAK UNTUK BERKEMBANG DAN MANDIRI - yws
Memberikan "Kesempatan" pada anak, bagi sebagian orang tua adalah mudah, tapi sebagian lainnya merasa berat memberikannya. Saya ...
-
Ketika Beban seperti Sebongkah Batu Ada orang yang memandang beban dalam hidup seperti bongkahan batu besar yang harus dibaw...
-
HANDWRITING (Konteks Perkembangan Anak) "Belajar menulis huruf sambung ....? Apa pentingnya sih? Jaman sudah modern, bisa mengetik p...
-
LINGKARAN PENGARUH Bayangkan kita berada di pusat satu lingkaran dan kemudian di luar diri kita ada beberapa lapis lingkaran. Lingkaran ya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar